Rabu, 08 Mei 2013

ALAT PERAGA DAN MEDIA PEMBELAJARAN

ALAT PERAGA DAN MEDIA PEMBELAJARAN

              Menurut henrick,dkk (1993) media merupakan alat saluran komunikasi .Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium  yang secara harifah berarti perantara yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan ( a receiver ).Heinich menvontohkan media ini seperti film ,televise,diagram,bahan tercetak (printed materials),computer dan instruktur. Contoh media  tersebut bisa dipertimbangkan sebagai media pembelajaran  jika membawa pesan-pesan (messages) dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Hernich juga mengaitkan hubungan antara media dengan pesan dan metode (methods) dalam proses pembelajaran yang digambarkan dalam bagan  1-1. 















Bagan diatas menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran itu terdapat pesan-pesan yang harus dikomunikasikan .Pesan tersebut biasanya merupakan isi dari suatu topik pembelajaran .pesan-pesan tersebut disampaikan oleh guru kepada siswa melalui suatu media menggunakan  prosedur pembelajaran tertentu yang disebut metode.
Nilai dan manfaat media
  1. Membuat kongkrit nilai-nilai yang abstrak
  2. Menghadirkan objek- objek yang terlalu berbahaya atau sukar didapat ke dalam lingkungan belajar .
  3. Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil
  4. Memperhatikan gerakan yang terlalu cepat atau lambat
 Media pembelajaran pada umumnya dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis yaitu :
  • media visual
  • media audio
  • media audio visual 
    A.   
    media visual
    media visual adalah media yang hanya dapat dilihat menggunakan indera penglihatan .media visual  terdiri atas media yang dapat diproyeksikan  (project visual )dan  media yang tidak dapat diproyeksikan .media visual yang dapat diproyeksikan pada dasarnya adalah media yang menggunakan alat proyeksi  sehingga gambar/tulisan tampak pada layar.media visual yang tidak dapat diproyeksikan (non projected visual)  terdiri dari gambar fotografik,grafis dan media tiga dimensi .
     A. Gambar  fotografik  
          gambar fotografik /seperti foto grafik ini termasuk kedalam gambar diam /mati.misalnya gambar  manusia.binatang.
    B. grafis (graphic)
       media grafis ini merupakan media pandang dua dimensi (ukan fotografik)yang dirancang secara khusus untuk mengkomunikasikan pesan pembelajaran .unsur-unsur yang terdapat di media grafis ini adalah gambar dan tulisan.Cukup banyak  jenis media grafis ini ,namun yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran antara lain :grafik,bagan,digram,poster,kartun/karikatur,komik.
    c. Media tiga dimensi
       media tiga dimensi dalam hal ini terdiri atas media realia dan media model.media model adalah media tiga dimensi yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran.model terdiri atas beberapa jenis yaitu : model padat,model penampang,model susun,model kerja,mock-up dan diorama. Media realia merupakan alat bantu visual dalam pembelajaran yang berfungsi memberikan pengalaman secara langsung kepada para siswa.
    B.     Media audio
    Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar yang dapat merangsang pikiran ,perasaan ,perhatianndan kemampuan para siswa untuk mempelajari bahan ajar.jenis media audio terdiri atas program kaset suara(audio cassette),CD audio,dan program audio.
    C.  Media audio visual
     Media ini merupakan kombinasi audio dan visual atau biasa disebut media pandang dengar .contoh dari media audio visual diantaranya program video /televise pendidikan,video/televise intruksional,program slide suara dan program CD interaktif.

    Pemeliharaan media

    Pemeliharaan penting untuk dilakukan karena dengan memelihara media pembelajaran dapat menjaga media pembelajaran itu berada pada kondisi aslinya .Beberapa saran dalam pemeliharaan media pembelajaran:
    1.   Tempatkan media seperti semula
    2.   Perbaiki sendiri bila ada kerusakan kecil ,bila kerusakan itu agak berat mungkin perlu direparasi oleh ahlinya.
    3.   Simpanlah charta dengan baik
    4.   Lepaskan batu batrai dan lampu dari kedudukanya setelah digunakan ,kemudian simpan ditempat yang terpisah
    5.   Tempatkan media pembelajaran pada lemari agar tidak dikotori debu atau terpapar cahaya matahari.
    6.   Model dan torso dapat ditutup dengan plastik penutup.
    Sumber
    Hermawan, Asep Herry, dkk. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRES
    Widodo ,Ari,dkk.2007.Pendidikan Ipa Sd.Bandung:UPI PRES


                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar